Cookery dan Hairdressing, masihkah akan jadi jurusan favorit?

Selamat tahun baru. Bila di Indonesia, ada peraturan baru bebas fiskal buat kita-kita yang mau keluar negeri dengan memiliki NPWP, pemerintah Australia juga mengeluarkan peraturan baru lho.

Menteri Imigrasi dan Kependudukan, senator Chris Evans, telah mengumumkan sejumlah ukuran untuk memastikan 2008 - 09 program skilled migration akan lebih responsive kepada perubahan kebutuhan ekonomi. Perubahan ini mulai diberlakukan pada 1 Januari 2009.

Sistem Imigrasi di Australia yang ter intergrasi dengan “recruitment” pekerja professional dan terampil biasanya disebut program GSM (General Skilled Migration). Program ini sangat diminati oleh para pekerja professional dan tenaga terampil yang ingin tinggal dan berpenghasilan tinggi di Australia.

Program ini menerapkan suatu sistem penilaian yang adil dan terukur kepada semua pemohon dan telah beberapa kali mengalami perubahan sejak 10 tahun terakhir, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan ekonomi di masing-masing wilayah/Negara bagian di seputar Australia.

Jurusan-jurusan study/kuliah di college atau universitas yang mengarahkan pada kebutuhan profesi yang berpeluang besar mendapatkan PR, menjadi jurusan-jurusan favorit para pelajar dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia. Mereka biasanya akan menyerbu jurusan kejuruan yang hanya memerlukan waktu 2 tahun kuliah, seperti cookery, patisserie, atau hairdressing.

Dengan dikeluarkannya peraturan baru ini, prioritas proses aplikasi permohonan PR, akan lebih ditentukan oleh perusahaan pemberi kerja, dan pemerintah Negara bagian/ wilayah. Dengan demikian jabatan/profesi atau keterampilan yang dibutuhkan kemungkinan lebih mengarah kepada jabatan professional lulusan sarjana/bachelor dibandingkan dengan pekerja terampil. Ini sudah terlihat dari daftar CSL (critical skills list) yang menyertai peraturan ini, dimana peringkat prioritasnya diatas list MODL.

CSL lebih difokuskan pada pekerja terampil bangunan, professional IT, Insinyur dan tenaga medis. Sedangkan professional accountant walaupun masih termasuk dalam daftar yang diminati, namun memerlukan test yang lebih ketat seperti mengikuti training di SMIPA (Skilled Migration Internship Program – Accounting) dan lulus IELTS dengan nilai 7.

Hal ini tentunya harus dijadikan pertimbangan para calon pelajar dari Indonesia untuk menentukan pilihan jurusan kuliahnya.


Sebagai rangkuman atas peraturan baru ini, saya terjemahkan secara bebas sbb:

Q1 Perubahan apa yang telah diumumkan untuk program Skilled Migration?
Peraturan baru dari Kementerian Imigrasi dan Kependudukan Australia dapat diringkas sbb:
1. Ada tambahan system prioritas dalam proses aplikasi PR (Permanent Resident)
2. Ada sebuat daftar tambahan sebagai prioritas diatas MODL dan SOL yaitu yang disebut CSL (critical skills list).
3. Memberikan wewenang yang lebih besar kepada pemerintah Negara bagian dan regional/wilayah agar dapat segera memenuhi kekurangan tenaga kerja trampil di wilayah mereka.


Q2 Pemohon mana akan mendapat proses prioritas?
Proses prioritas baru, diarahkan kepada aplikasi yang mendapat sponsor dari perusahaan pemberi kerja, dan atau yang mendapat sponsor dari pemerintah regional/wilayah. Setelah itu prioritas diberikan kepada business skilled yang terdapat dalam CSL.


Q3 Apa yang melatar belakangi dikeluarkannya peraturan ini?
Pada Anggaran Keuangan 2008, program migrasi lewat jalur skilled untuk 2008 - 09 secara significant meningkat menjadi 133 500 orang. Peningkatan ini sehubungan dengan perkembangan ekonomi Australia dan tekanan gaji pekerja yang semakin meningkat.
Namun demikian, sejak semester 2, tahun 2008, keadaan ekonomi global yang tidak menentu juga ikut mempengaruhi ekonomi Australia. Sebagai antisipasinya, peraturan ini dimaksudkan untuk lebih memberikan kesempatan kepada para pekerja professional dan trampil dalam bidangnya disesuaikan dengan kebutuhan pengusaha dan atau daerah regional, sekaligus mengevaluasi profesi-profesi yang akan menjadi prioritas dan profesi yang tidak lagi menjadi prioritas.

Q4 Apakah perubahan ini sementara atau permanen?
Program skilled migration secara terus menerus ditelaah dan dikaji dengan mengaitkan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan sosial di Australia. Program ini akan terus menerus dimodifikasi sesuai kebutuhan yang berkembang.

Q5 Apakah ada perbedaan dalam proses visa onshore dan offshore?
Tidak ada, proses prioritas baru, akan sama-sama efektif berlaku untuk aplikasi onshore maupun offshore.

Q6 Apakah jenis jabatan atau industri akan berpengaruh?
Jabatan yang tidak termasuk dalam CSL tidak akan diberikan proses prioritas kecuali jika pemohon disponsori oleh satu perusahaan pemberi kerja atau disponsori atau dicalonkan oleh satu pemerintah wilayah.


Q7 Bagaimana pemerintah daerah/wilayah mesponsori calon migran
Pemerintah wilayah dapat mesponsori orang-orang yang mempunyai jabatan/ketrampilan yang terdapat pada daftar kebutuhan daerah dan mereka juga boleh mesponsori sampai dengan 500 orang dalam satu tahun kepada orang yang tidak mempunyai skill/jabatan/ ketrampilan dalam daftar. Pemohon harus secara langsung mendekati pemerintah daerah atau wilayah dimana mereka merencanakan untuk hidup dan tinggal disana, atau hubungi Migration Agent terdaftar untuk membantu mendapatkan sponsor dari mereka.


Q8 Berapa banyak orang yang dapat disetujui oleh pemerintah wilayah dalam hal orang tersebut mempunyai keterampilan yang terdapat dalam skills shortage list?
Angka potensial migrant yang dapat disponsori masing-masing pemerintah Negara bagian, atau wilayah regional adalah tak terbatas sepanjang daerahnya kekurangan pekerja. Disamping itu, masing-masing pemerintah Negara bagian mendapat jatah 500 orang yang termasuk dalam SOL namun tidak terdapat pada daftar skill shortage list.

Q09 Apa Skills shortage list itu?
Masing-masing pemerintah negara bagian menyusun daftar kekurangan pekerja terampil di daerahnya sendiri. Masing-masing status atau wilayah dapat mesponsori orang yang potensial yang memiliki keterampilan pada satu jabatan yang terdapat dalam daftar tersebut, untuk memperoleh visa PR. Pemohon yang disponsori oleh satu pemerintah Negara bagian atau wilayah akan mendapat bonus 10 points tambahan pada perhitungan test GSM.
Untuk jelasnya dapat hubungi email yanky@dksydney.com.au


Q10 Bagaimana dengan MODL (Migration Occupation Demand List)?
Tidak ada yang berubah dengan MODL. MODL akan ditelaah sebagaimana diperlukan dari waktu ke waktu. Sesuai dengan petunjuk pada peraturan baru section 499, pemohon skilled migration yang mencalonkan jabatan yang terdapat dalam MODL akan mendapat proses prioritas setelah para pemohon yang mencalonkan jabatan yang terdapat dalam CSL dan pemohon yang disponsori atau dicalonkan oleh pemerintah Negara bagian atau wilayah.


Q11 Kapan MODL akan di review?
Kemungkinan dalam waktu dekat ini atau pada awal 2009. Pantau terus lewat website http://www.belajardiaustralia.com/


Q12 Subclass apa saja yang terpengaruh peraturan ini?
Pengenalan CSL dan perubahan prioritas proses akan mempengaruhi hampir semua subclass aplikasi PR jalur GSM, termasuk yang di daftarkan setelah 1 Januari 2009 dan atau yang telah didaftarkan sebelum 2009 tetapi belum di granted (disetujui). Pemohon untuk subclasses 485 dan 887 tidak akan terpengaruh perubahan ini.


Q13 Bagaimana urutan prioritas proses PR sekarang?
Proses prioritas baru memberikan proses prioritas kepada aplikasi PR (permanent) sbb:

1. Sponsor dari perusahaan pemberi kerja
2. Sponsor dari pemerintah Negara bagian atau wilayah.
3. Pemohon yang profesi/ketrampilannya terdapat dalam CSL
4. Pemohon yang profesi/ketrampilannya terdapat dalam MODL
5. Pemohon lain yang tidak termasuk diatas.

Proses prioritas baru memberikan proses prioritas kepada aplikasi TR (sementara)/provisional sbb:

1. Sponsor dari pemerintah Negara bagian atau wilayah.
2. Sponsor dari keluarga dimana jabatan/ketrampilan pemohon ada dalam daftar CSL.
3. Pemohon lain yang tidak termasuk diatas.


Q14 Bagaimana dengan aplikasi yang telah didaftarkan dan telah memasuki tahap akhir dan hanya tinggal pemeriksaan kesehatan dan karakter?
Aplikasi yang telah selesai akan diselesaikan prosesnya sambil menunggu pada hasil pemeriksaan kesehatan dan karakter, tidak terpengaruh pada peraturan baru ini.


Untuk penjelasan dan penilaian pribadi apakah kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan PR (Permanent Resident) Australia, silakan email ke yanky@dksydney.com.au atau datang ke kantor cabang terdekat.
ONE STOP EDUCATION SERVICES FOR STUDENT IN AUSTRALIA .