Bekerja di Australia

1. Apakah ada pekerjaan part-time untuk pelajar internasional di Australia, Sydney, atau Melbourne?

Ya, ada banyak pekerjaan part-time tersedia untuk murid internasional di Australia, terutama kota utama seperti Sydney, Melbourne, Adelaide dsb. Website utama untuk menemukan lowongan di Australia adalah situs web, http://www.mycareer.com.au/ dan http://www.seek.com.au/

Walaupun begitu, dua situs web di atas kebanyakan mengiklankan pekerjaan profesional dan tidak mempunyai pekerjaan krah biru (casual). Para pelajar internasional biasanya bekerja di perusahaan retail besar, restoran fast food, pompa bensin dan lain-lain sbb:
1. Coles
2. Woolsworth
3. KFC
4. MacDonald
5. Opporto
6. Pizza Hut
7. Domino's
8. Nandos
9. Hungry Jacks
10. BP
11. Shell
12. Caltex
13. Bunnings Ware House
14. Harvey Norman
15. Domain
16. Bing Lee
17. Myer
18. David Jones
19. JBHifi
20. Greater Union
21. FedEx Kinkos
22. Bob Jayne T-Mart
23. Borders book store
24. Dymock book store
25. Dick Smith Electronic
26. Boost Jus Bar
dan masih banyak lagi.

Selain itu ada sejumlah perusahaan dan resto yang dimiliki Orang India / Turki / Indonesia/ Thai / Cina /Jepang dimana kamu dapat memperoleh pekerjaan.

Harap diketahui, sesuai dengan hukum kamu hanya diijinkan untuk bekerja maksimal 20 jam per minggu.

Kamu bisa dengan mudah memperoleh lebih dari $1000 per bulan yang akan menutup biaya belanja. Memperoleh suatu pekerjaan pertama tidak mudah sebab biasanya pendatang baru dari Asia tidak mengetahui bagaimana caranya membuat CV(daftar riwayat hidup), persiapan untuk wawancara dan memberikan jawaban yang tepat terhadap semuanya pertanyaan dari pewawancara.

2. Apakah pekerjaan part-time ini cukup untuk memenuhi biaya hidup?

Sebagaimana telah disebutkan diatas, IYA, hanya dengan bekerja part-time, kamu bisa dengan mudah memenuhi biaya hidup.

3. Akankah saya mampu membayar uang kuliah dengan pekerjaan paruh waktu (part-time)?

Jawabannya sangat relatif. Bila kamu mau kerja keras dan biaya college tidak mahal, maka kemungkinan kamu bisa membayar uang kuliah, sekaligus biaya hidup seperti akomodasi, makan minum, transpor dan telepon. Sebaliknya kamu tidak dapat membayar biaya kuliah bila kamu kuliah di Universitas Top yang tuition feenya relatif mahal. Walaupun begitu, kamu mungkin mampu untuk mendapatkan tambahan pendapatan bila melakukan pekerjaan selama liburan, dimana kamu diijinkan pekerjaan full-time.

Ada dua semester akademis setiap tahun di Australia. Dari Feb ke Juni dan dari Agustus ke Nov. Kamu memperoleh satu bulan liburan di antara Juni dan Juli dan nyaris 3 bulan di antara Nov dan Feb. Kamu dapat bekerja full time selama masa liburan ini. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Dengan bekerja full time kamu bisa mendapatkan sekitar $4000 di satu bulan. Semua ini tergantung dari apakah pemilik perusahaan sedang menghendaki untuk memberikan pekerjaan full-time kepada kamu atau tidak. Mendekati akhir masa kuliah, kamu harus mulai mencari pekerjaan full time, atau kamu juga sekaligus dapat bekerja part-time di 2-3 tempat.

4. Dapatkah saya memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bidang/profesi sendiri?

Kalau kamu punya pengalaman kerja dan keterampilan yang cocok dengan kebutuhan lowongan kerja di Australia, kamu pasti akan mendapat pekerjaan part-time yang sesuai dengan bidang study.

Contohnya, pelajar yang punya latar belakang IT dan memiliki certifikat, dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan part-time, dengan tetap tidak melupakan bagaimana kamu membuat CV (riwayat hidup) dan bagaimana penampilan kamu pada saat wawancara.

Tapi kalau kamu baru lulus dari universitas dan tidak punya pengalaman pekerjaan yang relevan, kamu akan kesulitan meyakinkan pemilik perusahaan untuk mempekerjakan kamu. Kamu juga dapat memperlihatkan proyek dan tugas-tugas praktek yang pernah kamu lakukan, sebagai pengalaman.

Selamat berburu pekerjaan.
Tetap semangat.
Chia Yo!

..
ONE STOP EDUCATION SERVICES FOR STUDENT IN AUSTRALIA .